Monday, February 3, 2014

Drawing Starter: Pakaian Aceh

Beberapa hari ini saya benar-benar "stuck". Ingin menggambar tapi tidak bisa, kertas sudah terhampar, krayon sudah terhidang (makanan kali), tapi belum juga bisa memulai. Entahlah. Mungkin perlu jaring yang besar untuk menangkap mood-mood itu...

Tapi lalu saya teringat sesuatu, ada satu hal yang selalu dapat membuat mood saya kembali yaitu menggambar orang berpakaian Aceh. Aneh memang, dan sayapun baru menyadarinya akhir-akhir ini. Setiap saya berhenti  menggambar dalam jangka waktu panjang dan kembali menggambar lagi objeknya pasti orang berpakaian Aceh.

Mungkin mekanismenya seperti ini. Setiap saat saya tidak dapat menggambar, agaknya hati rasa sedikit sedih dan kecewa. Seperti kehilangan suatu kemampuan yang paling kita sayangi dan merasa sedih karena tidak mampu menghasilkan apa-apa. Hal ini juga terkadang mengikis rasa percaya diri. Lalu untuk memecah kebuntuan itu, mengembalikan semua energi, saya butuh penyemangat yang bisa berseru "Ayo, kamu bisa." Dan itu adalah melakukan sesuatu yang saya sudah paham benar melakukannya.

Saya sudah memulai menggambar orang berpakaian Aceh ini sejak tk sehingga saya tahu betul seluk-beluknya. Tak perlu banyak berfikir, hanya lakukan saja. Dan benar saja.. setelah gambar selesai, mood itu datang kembali dan bilang "Hei lihat kamu telah berhasil menggambar itu, ayo gambar yang lain lagi." Kemudian rasa percaya diri saya datang lagi dan siap menggambar lagi.

Oleh karena itu di sela kekesalan saya karena tak mampu menggambar, semalam saya menggambar ini.. mudah mudahan mood saya kembali setelahnya...

Dan berikut adalah gambar-gambar starter lainnya yang diambil dari arsip gambar saya..






No comments:

Post a Comment