Sunday, February 23, 2014

Trying Textile

Beberapa waktu lalu tante saya berbisnis batik dengan pengrajin batik di pekalongan. Lalu tante saya mempunyai ide untuk mendesain sendiri kain batiknya. di bawah ini adalah salah satu contohnya. Motifnya sebenarnya sederhana, hanya bentuk teripang, atau (paisley). Namun karena ini proyek tekstil pertama saya, saya sangat senang...

Saya memang senang tekstil, di rumah, saya mengumpulkan berbagai buku tentang tekstil, batik, tenun, dsb. Karena harga wastra tradisional yang mahal saya hanya bisa beli bukunya saja. He...he.. Tapi keragaman jenis kain Indonesia memang luar biasa banyak dan mengagumkan. Warna, teknik, motif, dan filosofinya sangat kaya dan variatif. 

Beberapa waktu yang lalu adik sepupu saya mengikuti lomba batik yang bertema aceh. Lalu ia datang ke rumah saya untuk meminjam buku dan mendiskusikan konsep batiknya. Lalu hasilnya adalah ini...

Casabatique adalah batik yang mempunyai motif kasab (sulam benang emas khas aceh). Jadi secara tidak langsung menggabungkan dua macam konsep wastra pada satu proyek. Lalu ini adalah gambarnya ketika mengikuti lomba batik aceh yang lain. Kali ini ia mengangkat kersang (salah satu perhiasan tradisional aceh) sebagai motif utama batik.
Itulah menariknya seni, kita bisa membongkar pasang konsep yang telah ada untuk menciptakan suatu yang baru... mari tetap kreatif....

No comments:

Post a Comment