Friday, January 24, 2014

Buku Indonesia

I really like culture, and I am very grateful being Indonesian, a country full of incredible culture. In this project I collect Indonesian traditional clothes. Check them..

Sepanjang Agustus lalu untuk merayakan bulan kemerdekaan Indonesia, saya mengadakan kuis kecil-kecilan di facebook. Setiap hari saya memposting gambar pakaian tradisional dari salah satu provinsi di Indonesia. Lalu saya meminta teman-teman untuk menebak dari mana asal pakaian tersebut. Sebagian memang mudah ditebak, namun sebagian lagi tidak. Gambar-gambar dari kuis ini kemudian saya bukukan dan voila......


Saya masih ingat waktu saya masih duduk di bangku SD, banyak sekali poster-poster tentang pakaian adat setiap provinsi di Indonesia, rumah tradisional dari seluruh Indonesia, atau poster budaya lain. di Atlaspun banyak informasi budaya dilampirkan. misalnya peta aceh, lalu di pinggirnya ada gambar rumoh aceh, kemudian pasangan memakai pakaian aceh, keterangan lagu daerah, dsb. Namun kelihatannya poster-poster atau atlas ini tidak begitu populer lagi sekarang. Kemanakah mereka?

image from:3. bp. blogspot.com dan waroeng nl.
Buku yang saya buat ini adalah salah satu usaha mendokumentasi kembali pakaian adat Indonesia dalam bentuk gambar. Saya sendiri adalah pengagum keberagaman pakaian adat Indonesia. Di satu provinsi saja bisa memiliki lima macam pakaian tradisional. Bisa dibayangkan betapa kayanya kita.

Alangkah baiknya apabila anak-anak sekarang kembali mempelajari atau paling tidak mengetahui bahwa kita mempunyai berbagai macam budaya ini sehingga mereka bisa punya sesuatu yang bisa dibanggakan dari negaranya. Kekayaan budaya.

Check my book out dan coba tebak apakah tebakan anda benar. Jawaban ada di bawah..













Note: Bagi para desainer grafis atau siapapun itu saya tantang anda untuk membuat poster-poster edukasi budaya lagi dengan gaya yang keren... Dan nantinya mari kita gantungkan di sekolah-sekolah seperti dulu agar anak-anak Indonesia bisa mempelajarinya...

Jawaban: Tapanuli Selatan, Nias, Jawa Tengah (Lurik), Jogja, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Timur, Flores, Nusa tenggara, Kalimantan Timur, Donggala

No comments:

Post a Comment